Sunday, June 30, 2013

Keterlambatan Pembayaran

Kepada Yth;
Sdr. Guru Profesional
Se Kab. Banyumas

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Menindaklanjuti SMS dan telp serta surat dari Guru Profesional. sehubungan dengan keterlambatan pencairan sergur TA 2013 perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Penyampaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Agama RI kepada Komisi VIII DPR RI tanggal   14 Januari 2013, dan persetujuan dari Komisi VIII DPR RI tanggal 13 Maret 2013;
  2. Dalam persetujuan dalam angka (1) terdapat anggaran yang masih memerlukan pendalaman lebih lanjut sehingga masih diblokir oleh Kementerian Keuangan;  
  3. Terkait anggaran yang sudah mendapatkan persetujuan Komisi VIII DPR RI telah dilakukan proses buka blokir Tunjangan Profesi mulai tanggal 26 Mei 2013;
  4. Proses penyelesaian pembukaan blokir membutuhkan waktu lama mengingat :
          a. Jumlah satker pada program Pendidikan Islam cukup banyak (4.418 satker pusat dan daerah)
         b. Terkait dengan huruf (a) perlu waktu yang cukup lama untuk proses restore, validasi, penggabungan 
             dan upload data.
    5. Berkenaan dengan tunjangan profesi yang mengalami kekurangan anggaran sampai saat ini telah dilakukan         beberapa proses validasi data permintaan revisi anggaran dan sampai saat ini masih dalam proses                     penggabungan data dan validasi untuk melakukan APBNP ( Anggaran Pendapatan Belanja Perubahan).
    6. Kami selalu berusaha untuk melaksanakan tugas dengan maximal untuk pelayanan lebih baik.
Demikian kami sampaikan untuk dapat diketahui. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Dan harap maklum


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Friday, June 21, 2013

Cara Aktifasi Akun NUPTK

Petunjuk penggunaan aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain..
  1. Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
  2. Kata Sandi/Password
  3. Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
  4. Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika ada)
  5. Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data pendukung tersebut, berikut ini langkah langkah melakukan aktivasi akun untuk login sekolah oleh operator sekolah melalui layanan Padamu Negeri.

Pertama, buka http://padamu.kemdikbud.go.id, lalu pilih dan klik menu Login, atau langsung buka http://padamu.siap.web.id/ maka akan menuju halaman login Padamu Negeri, disana terdapat beberapa jenis login, pilihlah Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar dibawah...


Maka akan masuk di halaman http://aktivasi.siap.web.id/padamu
Di halaman tersebut terdapat kotak untuk mengisikan User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan.



Setelah itu klik Login, jika berhasil maka akan masuk pada halaman pengaturan akun pada halaman ini menetukan Username dan membuat Kata Sandi/Password, masukkan juga alamat email untuk pemulihan akun. Username dan Password ini yang akan digunakan untuk login di hari-hari berikutnya. Lalu klik tombol lanjut..

Akan menuju menu Administrator, pada menu ini isilah dengan lengkap data administrator atau operator sekolah berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Kalau sudah diisi kemudian klik tombol Lanjut... 

Akan masuk di halaman profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap seperti NPSN, status, nama kepala sekolah, alamat sekolah, nomor kontak, email dan website. Lalu klik tombol lanjut...

Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari tempat di google map. Lalu klik tombol lanjut...

    
Jika sudah melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman konfirmasi, sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan.





Wednesday, June 5, 2013

PERBAIKAN DATA EMIS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PERBAIKAN DATA EMIS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Assalamu'alaikum wr wb,
Kepada yang terhormat operator EMIS Madrasah
Dimohon dengan sangat untuk segera melengkapi/memperbaiki data TP 2012/2013, dan yang perlu diperhatikan adalah:
1.     Ingat data TP 2012/2013, sehingga siswa kelas akhir yang sudah dinyatakan lulus masih dimasukkan sebagai data detil siswa untuk satuan pendidikan tersebut
2.     sebelum diupdate baca Basmalah terlebih dahulu supaya lancar dan JUGA WAJIB MEMBACA PETUNJUK PENGISIAN. Karena kalau tidak membaca nanti jika ada format yang salah tidak akan terbaca oleh komputer dan data anda tidak akan dimasukkan ke dalam database.
3.     Mohon juga perhatikan lagi klausul NIS Lokal, NSM (harus mengacu pada buku NSM Tahun 2009), NIP/NO. Karyawan (sudah sering dibahas) harus bersifat unik
4.     segera saja diselesaikan mengingat waktu yang amat terbatas
5.     setelah lengkap data dikirim lagi dalam bentuk SOFTCOPY DAN PRINTOUT (1 rangkap) ke kantor Kasi Pendidikan Madrasah Banyumas paling lambattanggal 7 Juni 2013.
6.     Selain data sudah dikirim keemail masing madrasah juga bisa di DOWNLOAD RA/BA/TA disini, MIN/MIS disini, MTsN/MTsS disini dan MAN/MAS disini.
7.     sekali lagi mohon keikhlasan dan bantuan teman2 utk mengisi secara lengkap dan akurat serta di kembalikan ke kemenag setempat, supaya kemenag setempat juga punya databasenya, kemudian dari kab/kota baru dikirim ke propinsi...dan terakhir ke pusat....MOHON SEGERA...baik yang datanya yang sudah lengkap ataupun belum silahkan diisikan dan dilengkapi dan dikirim...terimakasih....
Wassalamu’alaikum wr.wb
Ttd
Operator EMIS
Pendidikan Madrasah Banyumas

Monday, June 3, 2013

USULAN TF NON PNS 2013



Kepada
Yth. Guru RA/ Madrasah Non PNS
        se-Kab. Banyumas


Assalamu'alaikum war. wab.
Bahwa dalam rangka upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada RA/Madrasah, perlu pemberian subsidi tunjangan fungsional bagi Guru Bukan-PNS untuk meningkatkan kesejahteraannya. Tertanggal 1 Pebruari 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 282 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberian Subsidi Tunjangan Fungsional bagi Guru RA/Madrasah Bukan Pegawai Negeri Sipil (STF-GBPNS) Tahun 2013. Penerbitan pedoman ini dimaksudkan agar subsidi yang diberikan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

TUJUAN :

  • Pemberian Subsidi Tunjangan Fungsional bagi Guru RA/Madrasah Bukan pegawai Negeri Sipil (STF--GBPNS) tahun 2013 bertujuan untuk meningkatkan :
  • Kualitas proses belaiar-mengajar dan prestasi belajar peserta didik di Raudlatul Athfal dan Madrasah.
  • Motivasi dan kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, dan.
  • Kesejahteraan Guru RA dan Madrasah Bukan PNS.
SASARAN :
Sasaran atau penerima STF-GBPNS tahun 2013 adalah guru dengan kriteria atau persyaratan sebagai berikut :

1. Umum

  • Berstatus sebagai Guru RA/Madrasah. 
  • Bukan PNS atau CPNS pada Kementerian Agama atau instansi lain
2. Khusus

  1. Aktif mengajar di RA, MI, MTs atau MA. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun mengajar di RA/Madrasah, dan diutamakan bagi Guru Tetap atau guru yang lebih lama mengabdi di RA/Madrasah. Yang dimaksud Guru Tetap dalam Pedoman ini adalah guru yang diangkat oleh Ketua Penyelenggara Pendidikan (Yayasan atau lainya), atau Kepala RA/Madrasah untuk jangka waktu paling singkat 2 (dua) tahun secara terus-menerus dan tercatat pada satuan administrasi pangkal (satminkal) di RA/Madrasah yang memiliki izin pendirian dari Kementerian Agama, serta melaksanakan tugas pokok sebagai guru.
  2. Diutamakan bagi guru yang memiliki beban kerja 24 (dua puluh empat) Jam Tatap Muka (JTM) perminggu atau yang lebih banyak beban kerjanya. Ketentuan tentang beban kerja Guru RA/Madrasah diatur dalam pedoman tersendiri yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
  3. Bukan penerima bantuan sejenis yang dananya bersumber dari DIPA Kementerian Agama. Guru RA/Madrasah yang menjadi penerima bantuan tunjangan profesi atau bantuan tunjangan khusus tetap dapat menjadi penerima tunjangan fungsional ini jika memenuhi persyaratan yang diatur dalam Pedoman ini dan Kuota Mencukupi/ Diutamakan yang belum Sertifikasi
  4. Tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS/PNS.  
  5. Melampirkan Foto Copy Rekening BRI atau Bila belum punya membuat rekening BRI Britama masih aktif ( Dibuktikan surat keterangan rekening masih aktif, Boleh kolektif satu RA/ Madrasah )  
  6. Point No. 5 Diganti Foto copy KTP rangkap 2 dibawahnya ditulisi Nama ibu kandung (Rekening akan dibuatkan masal oleh Seksi Pend. Madrasah ) 
  7. Berkas dibuat rangkap 2
       Wassalamu'alaikum wr. wb.

UNDUH SYARAT INFO SELENGKAPNYA
Formulir Isian Soft Copy dan Contoh SKMT, SKBK
Cek List Kelengkapan Pengajuan 
           
USULAN PENERIMA TUNJANGAN FUNGSIONAL SUDAH DITUTUP HARI SABTU TANGGAL 15/6/2013 pUKUL 22.00. UNTUK PROSES REKAP. HARAP MAKLUM

Catatan :

1. Mohon data usulan dikirimkan sebelum tanggal 16 Juni 2013
2. Foto Copy KTP  
3. Berkas Dikumpulkan ke Bp. Sobirin Kolektif melalui IGRA/ KKM Kecamatan Masing Masing, Perwakilan KKM mengantar ke Seksi Pendidikan Madrasah  
4. Untuk mempercepat proses pendataan softcopy bisa di email ke:    

    ketenagaanmapendabanyumas@gmail.com
    dengan subyek/ Judul :  Tunjangan fungsional MI/MTs ..................................



 




Berita NUPTK

dari dindikbanyumas.net

Menunjuk website dari BPSDMPK-PMP ( PADAMU NEGERI ) yaitu : proses VerVal Ulang NUPTK mulai 3 Juni 2013 sesuai jenis Formulir VerVal Ulang ke Admin Dinas Kab/Kota atau Admin Sekolah Induk masing-masing.

Kami beritahukan bahwa surat petunjuk resmi dan akun sekolah akan kami luncurkan sekitar pertengahan bulan Juni 2013, dan kami sangat menghargai PTK yang berinisiatif langsung cetak dan mengisi form dari web PADAMU NEGERI, silahkan simpan di sekolah masing2 sambil menunggu AKUN PADAMU NEGERI yang akan kami informasikan secara resmi.

Terimakasih, semoga bisa dipahami.


salam HANGAT, selalu SEMANGAT demi PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS