Wednesday, September 28, 2016

DISPENSASI KHUSUS SEMESTER 2 TAHUN ANGGARAN 2016

Kepada Yth:
Kepala RA/Madrasah
di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sehubungan dengan telah diaktifkannya kembali fitur ajuan kolektif (S25a) periode semester gasal tahun pelajaran 2016/2017. Dengan ini Kami sampaikan hal-hal berikut : 
  1. Sebagai langkah awal untuk memantau progres penginputan data, baik data siswa, guru, pembagian tugas, dan cetak kartu digital sebagai tanda bukti keaktifan PTK semester gasal tahun pelajaran 2016/2017, maka dari itu kepada kepala RA/Madrasah untuk segera mengirimkan formulir ajuan kolektif (S25a) dalam bentuk softcopy dan hardcopy (jadwal terlampir).
  2. Bagi PTK yang mengajar pada rombongan belajar dengan rasio siswa guru kurang dari ketentuan yang ditetapkan, untuk segera mengajukan surat permohonan dispensasi kepada admin SIMPATIKA Kabupaten (format terlampir);
  3. Setelah formulir ajuan kolektif (S25a) disetujui oleh kepala RA/Madrasah, setiap PTK secara aktif dan mandiri agar memantau fitur analisa kelayakan tunjangan melalui akun masing-masing;
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Wassalarnu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



a.n.  Kantor Kementerian Agama,
                 Seksi Pendidikan Madrasah


     ttd 

 Ibnu Asaddudin, S.Ag, M.Pd




Monday, September 26, 2016

Alur Pemprosesan Form S29 (SKMT/SKBK)

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Dengan ini kami menghimbau seluruh PTK untuk mengikuti alur proses SKMT / SKBK  ini.

Ketentuan :

1.       SKMT/SKBK yang diajukan kepada pengawas adalah PTK GPNS/GBPNS yang telah bersertifikasi saja.
2.       Bagi PTK yang belum bersertifikasi, agar tetap mengarsipkan masing-masing form S29 yang telah dicetak.
3.       Setiap proses yang dilakukan agar dicetak secara fisik dengan menyimpan terlebih dahulu dalam bentuk soft file PDF dengan bantuan dopdf atau lainnya.
4.       Proses SKMT/SKBK dapat dilakukan jika S25 telah diajukan dan diproses oleh admin Kabupaten.
5.       Alur SKMT/SKBK (termasuk Kepala Madrasah):
6.       Login ke akun PTK masing-masing untuk melakukan ajuan SKMT/SKBK kepada Kepala Madrasah masing-masing. cetak S29a. 
7.       Setelah itu data ajuan dari masing-masing PTK akan masuk kedalam akun PTK Kepala Madrasah untuk dilakukan penilaian kinerja.
8.       Khusus yang mengajar double di Sekolah Non-Induknya yang Dinas.
9.       Setelah semua PTK yang ada dinilai oleh Kepala Madrasah, cetaklah ajuan SKMT dari Madrasah beserta lampirannya. cetak S29a + Lampirannya.
10.   Login kembali ke akun PTK masing-masing untuk mengajukan SKBK. cetak S29d. 
11.   Sebelum menyerahkan seluruh printout tersebut diatas kepada pengawas, agar terlebih dahulu mengecek menu Analisa Tunjangan, apakah anda sudah memenuhi syarat sebagai penerima tunjangan atau belum.
12.   Jika sudah, silahkan tanda tangani seluruh hasil printout yang ada oleh PTK itu sendiri juga oleh Kepala Madrasah dan dicap Madrasah.
13.   Jika sudah lengkap, ajukan kepada PENGAWAS BINAAN MASING-MASING untuk dilakukan pengecekan data & ditandatanagani jika sudah sesuai persyaratan.
14.   Pada akhirnya, SELURUH BERKAS AJUAN + S29e yang dikeluarkan Admin SIMPATIKA akan diserahkan kepada seksi penmad untuk dijadikan salah satu SYARAT UTAMA pencairan tunjangan anda, selain persyaratan lainnya sesuai Format ATPG.
15.   Form ajuan SKBK (S29e) dari Kepala direkap kepada Admin SIMPATIKA Kemenag lewat email ketenagaanmapendabanyumas@gmail.com. unduh FORMAT  File jangan di RAR

Wassalamu'alaikum wr.wb


*Catatan :

1.       Usahakan masing-masing sekolah memiliki berkas sebagai arsip ( Jangan Langsung Cetak Printer tapi Simpan PDF), sebelum diserahkan kepada pengawas masing-masing.
2.       Demikian info yang sifatnya SANGAT PENTING ini kami sampaikan agar difahami dan dilaksanakan bersama.



Tuesday, September 20, 2016

Pemberkasan Pencairan Tunjangan Profesi Guru RA/Madrasah Semester Ganjil 2016/2017



Kepada
Yth.
1.    Pengawas Pendidikan Madrasah
2.    Kepala MIN,MTsN dan MAN
3.    Kepala RA,MIS,MTsS dan MAS
di Lingkup Kemenag Kab. Banyumas

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Sesuai DIPA Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas tahun anggaran 2016, dimohon saudara mengajukan berkas tunjangan profesi guru lulus 2007-2014 dengan ketentuan sebagai berikut :
A.  Persyaratan Tunjangan Profesi dan Ketentuan beban kerja mengacu aturan yang berlaku, yaitu :
1.    Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 43 Tahun 2014 tentang tatacara pembayaran profesi guru bukan PNS Pada Kementerian Agama;
2.    Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 42 tahun 2015 tentang perubahan atas PMA 43 tahun 2014 tentang tatacara pembayaran profesi guru bukan PNS pada Kementerian Agama;
3.    Keutusan Menteri Agama (KMA) nomor 103 tentang pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang bersertifikat pendidik;
4.    SK Ditjen Pendis Nomor 1952 Tahun 2016 tentang juknis tunjangan profesi guru madrasah;
5.    Penetapan sebagai Kepala Laboratorium/Perpustakaan mengacu pada Permendiknas nomor 83 tahun 2013 tentang sertifikat Kompetisi;
6.    Bagi Guru yang tidak melaksanakan tugas berturut-turut, maka Kepala Madrasah wajib melampirkan surat keterangan tidak melaksanakan tugas/izin.
B.  Mekanisme
1.    Pemberkasan dan pengumpulan berkas melalui satu lembaga melalui satminkal (dilampiri surat pengantar dan data excel usulan guur sertifikasi soft dan hard copy);
2.    Berkas dibuat rangkap 1;
3.    Berkas dibendel menggunakan mapsnel Plastik Transparan :
a.    PNS warna Hijau
b.    GBPNS warna merah
4.    Guru RA/MI dikoordinir Pengawas;
5.    Guru MTs/MA langsung ke Penma;
6.    Guru MIN, MTsN dan MAN dikirim ke satker masing-masing;
7.    Berkas diterima terakhir  3 Oktober 2016 pada jam kerja.
C.  Urutan berkas sesuai pada ATPG :
1.    Cheklist;
2.    Asli SKMT dari Satminkal dan Madrasah tambahan (Bagi yang lebih dari 1 Madrasah, dilampiri MOU dan form S20 dari Simpatika);
3.    Asli SKBK;
4.    Surat Keterangan tidak melaksanakan tugas (cuti / yang sejenisnya);
5.   Foto copy SK Pembagian Tugas semester genap tahun 2016/2017, beserta jadwal dan matriknya (legalisir kepala/bukan asli);
6.    Jurnal mengajar harian kelas dan absen finger print;
7.    Foto copy S25a dan S29d (legalisir);
8.  Extra kurikuler pramuka melampirkan sertifikat minimal KMD dan data pendukung (Jadwal kegiatan, program kerja, jurnal, daftar hadir pembina dan siswa);
9.    Foto copy SK sesuai tugasnya (Kepala, Waka dan Kepala Lab, Perpustakaan) (legalisir)
Untuk Kepala Laboratorium/Perpustakaan melampirkan :
a.    Sertifikat Kompetensi (Permendiknas 83 tahun 2013);
b.    Daftar Inventaris Barang/media ruang Laboratorium /Perpustakaan;
c.    Foto sarana dan prasarana ruang, papan nama, barang inventaris;
d.    Program Kerja dan kelengkapannya sesuai permendiknas;
e.    Jadwal Praktek, Foto Praktek dan Hasil, Statistik Penggunaan dan Kunjungan.
10.  Foto copy SK Guru Tetap Yayasan (bagi Non PNS) yang di legalisir. Untuk guru Non PNS di Satker Negeri melampirkan salah satu SK dari Kakanwil/Kankemenag maksimal TMT 2005. Untuk guru yang TMT tahun 2006 sampai sekarang satminkal harus di madrasah swasta;
11.  Foto copy SK Kenaikan Pangkat/KGB terakhir (PNS);
12.  Foto copy Sertifikat Pendidik (legalisir) Lampiran SK NRG download di blog Pendma SK NRG (distabilo namanya)
13.  Foto copy rekening BNI/BRI yang masih aktif (tulis ulang sesuai rekening);
14.  Surat Pernyataan Kinerja materai Rp.6000;
15.  Bukti penyetoran zakat, infak dan sodakoh periode Januari-Juni 2016.

Demikian, atas perhatiannya disampaikan terimakasih.



           Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                     an.Kepala
                                                                                                     Kasi Pendidikan Madrasah


TTD                                                        


                                                                                                     Ibnu Asaddudin